29 Mei 2021

KONEKSI ANTAR MATERI NILAI DAN PERAN GURU PENGGERAK

 

KONEKSI ANTAR MATERI

NILAI-NILAI DAN PERAN GURU PENGGERAK

Oleh: Achmad Hufron, S.Pd.Jas, M.Pd

CGP Angkatan II Kabupaten Kebumen

Fasilitator: Ibu Imyatun Muayanah, S.Pd

Pendamping Praktik: Ibu Utami

 

 

A.      Nilai dan Peran Guru Penggerak

Guru adalah sosok yang dinilai oleh masyarakat sebagai seorang yang bisa diteladani oleh peserta didik maupun oleh warga di suatu masyarakat. Hal ini perlu menjadi penyadaran untuk kita bersama sehingga kita sebagai seorang guru selalu mawas diri dan berhati-hati dalam bertindak dan bertingkah laku di masyarakat. Selain sebagai sauritauladan yang baik seorang guru juga dituntut untuk memberikan layanan pendidikan yang prima bagi peserta didiknya. Hal ini bisa terwujud apabila setiap guru dapat memahami dan melaksanakan nilai dan peran guru, terutama guru penggerak. Adapun peran guru penggerak adalah sebagai berikut:

1.        Menjadi Pemimpin Pembelajaran

Seorang guru penggerak diwajibkan terus menerus berproses dan berusaha untuk menjadi pemimpin pembelajaran yang berpusat pada peserta didik. Seorang guru harus bisa dijadikan teladan dan motivator untuk peserta didiknya dengan totalitas curahan perhatiannya

2.        Menggerakkan Komunitas Praktis

Seorang guru harus dapat memberi warna dalam komunitas praktis, mendorong dan menggerakkan kegiatan-kegiatan yang ada pada komunitas praktis.

3.        Menjadi Coach Guru Lain

Seorang guru penggerak diharapkan mampu menghantarkan rekan guru lain untuk memberikan layanan prima kepada peserta didik. Memberikan pendampingan dan pelatihan kepada guru lain untuk menemukan solusi tentang hambatan-hambatan yang ada ketika melakukan pembelajaran.

4.        Mendorong Kolaborasi Antar Guru

Kolaborasi sangat penting dilakukan untuk bersama-sama mencapai tujuan. Kolaborasi dilakukan untuk menentukan tujuan bersama, merancang pragram secara bersama-sama, melaksanakan serta mengevaluasinya. Hal ini dilakukan untuk kemajuan sekolah dan peningkatan mutu pendidikan di sekolah.

 

5.        Mewujudkan kepemimpinan Murid

Perbedaan yang mendasar dari guru pada umumnya dan Guru Penggerak yaitu besaran dampak yang dibuat. Guru Penggerak diharapkan menjadi teladan dan agen perubahan di dalam ekosistem pendidikan. Mereka harus mempunyai dampak lain selain perubahan positif di kelasnya sendiri. Guru Penggerak harus memberikan dampak kepada peserta didiknya.

Sedangkan nilai Guru Penggerak adalah: Mandiri, Reflektif, Kolaboratif, Inovatif, serta Berpihak pada Murid.

1.        Mandiri

Mandiri berarti seorang Guru Penggerak  mampu senantiasa mengembangkan dirinya serta mendorong dirinya sendiri untuk melakukan aksi serta mengambil tanggung jawab atas segala hal yang terjadi pada dirinya. Perubahan yang terjadi harus diikuti secara cepat dan terus menerus. Baik perubahan kebijakan pendidikan ataupun perubahan budaya dan tehnologi yang terjadi pada saat ini.

2.        Reflektif

Reflektif berarti seorang Guru Penggerak mampu senantiasa merefleksikan dan memaknai pengalaman yang terjadi di sekelilingnya, baik yang terjadi pada diri sendiri serta pihak lain.

3.        Kolaboratif

Kolaboratif berarti seorang Guru Penggerak mampu senantiasa membangun hubungan kerja yang positif terhadap seluruh pihak pemangku kepentingan yang berada di lingkungan sekolah ataupun di luar sekolah.

4.        Inovatif

Seorang Guru Penggerak mampu senantiasa memunculkan gagasan-gagasan baru dan tepat guna terkait situasi tertentu ataupun permasalahan tertentu. Di tengah perkembangan zaman yang semakin maju, masalah yang muncul pun juga semakin bervariasi. Untuk bisa mengatasi beragam masalah tersebut, diperlukan lah jiwa inovatif dari seorang Guru Penggerak.

5.        Berpihak pada Murid

Berpihak pada murid disini berarti seorang Guru Penggerak selalu bergerak dengan mengutamakan kepentingan perkembangan murid sebagai acuan utama.

 Nilai-nilai dan peran guru penggerak ssangat terkait dan sesuai dengan pemikiran dari Ki Hajar Dewantara tentang konsep pendidikannya yaitu merdeka belajar dan menghamba pada peserta didik (peserta didik sebagai pusat pendidikan). Nilai dan peran guru penggerak mengandung makna yang sangat dalam. Dengan nilai dan peran yang harus dimiliki oleh guru penggerak diantaranya kemandirian. Seorang guru dituntut terus mengembangkan diri baik dari segi pengetahuan maupun keterampilan untuk memberikan pembelajaran yang membahagiakan bagi peserta didik. Bekerja sama dengan teman sejawat dan pemangku kebijakan, mengevaluasi setiap kegiatan yang telah dilaksanakan untuk perbaikan kegiatan selanjutnya serta inovatif dalam pembelajaran. Dengan tujuan memberikan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik. Apabila hal ini dimiliki oleh setiap guru maka kemungkinan besar tujuan dari pendidikan nasional Indonesia dapat terwujud tanpa mengorbankan hak-hak peserta didik untuk berkembang sesuai dengan kodratnya, baik kodrat alam maupun kodrat zamannya.

Strategi yang dilakukan untuk mencapai nilai dan peran guru penggerak yaitu diawali dengan niat yang tulus bahwa pembelajaran yang kita berikan adalah untuk peserta didik dan berpusat pada anak. Niatkan mengajar juga sebagai ibadah tidak hanya sekedar bekerja dan mencari penghasilan. Setelah itu terus mengembangkan diri baik secara lahir maupun bathin dengan materi-materi yang bermanfaat untuk peningkatan proses pembelajaran.

Untuk menguatkan peran dan nilai guru penggerak yang saya lakukan adalah selalu belajar dan berprinsip bahwa peserta didik adalah sebagi pusat pembelajaran. mengembangkan diri dengan pelatihan dan sharing dengan teman untuk memberikan pembelajaran yang bermakna dan membahagiakan bagi peserta didik. Menjalin kolaborasi dan komunikai dengan teman sejawat dan berdiskusi untuk mencari solusi bersama tentang kendala-kendala yang terjadi pada saat proses pembelajaran. Saya akan berusaha menjalin komunikasi yang baik dan dukungan kepada stakeholder untuk memberikan layanan pendidikan yang prima kepada peserta didik.

Pihak yang membantu saya adalah yang pertama Kementrian Pendidikan Republik Indonesia yang telah memfasilitasi saya dan rekan-rekan CGP untuk belajar tentang makna seorang guru yang sesungguhnya. Dinas Pendidikan Kabupaten Kebumen juga adalah pihak yang sangat membantu saya dalam memberikan support dan dukungan yang luar biasa. Selain itu kepala sekolah dan rekan sejawat juga mendukung dengan sepenuh hati. Dengan semua dukungan itu menyakinkan saya untuk menjadi seorang guru penggerak yang dapat membawa agen perubahan di sekolah untuk memberikan layanan yang prima yang berpusat pada peserta didik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aksi Nyata Modul 3.3

  Aksi Nyata Modul 3.3. Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid Oleh: Achmad Hufron, S.Pd.Jas CGP Angkatan 2 Kabupaten Kebumen F...