KONEKSI ANTAR MATERI
NILAI-NILAI DAN PERAN GURU PENGGERAK
Oleh: Achmad Hufron, S.Pd.Jas, M.Pd
CGP Angkatan II Kabupaten Kebumen
Fasilitator: Ibu Imyatun Muayanah, S.Pd
Pendamping Praktik: Ibu Utami
A. Nilai
dan Peran Guru Penggerak
Guru adalah sosok yang dinilai oleh masyarakat sebagai seorang yang bisa
diteladani oleh peserta didik maupun oleh warga di suatu masyarakat. Hal ini
perlu menjadi penyadaran untuk kita bersama sehingga kita sebagai seorang guru
selalu mawas diri dan berhati-hati dalam bertindak dan bertingkah laku di
masyarakat. Selain sebagai sauritauladan yang baik seorang guru juga dituntut
untuk memberikan layanan pendidikan yang prima bagi peserta didiknya. Hal ini
bisa terwujud apabila setiap guru dapat memahami dan melaksanakan nilai dan
peran guru, terutama guru penggerak. Adapun
peran guru penggerak adalah sebagai berikut:
1.
Menjadi Pemimpin
Pembelajaran
Seorang guru penggerak diwajibkan terus menerus berproses dan berusaha
untuk menjadi pemimpin pembelajaran yang berpusat pada peserta didik. Seorang guru
harus bisa dijadikan teladan dan motivator untuk peserta didiknya dengan
totalitas curahan perhatiannya
2.
Menggerakkan Komunitas
Praktis
Seorang
guru harus dapat memberi warna dalam komunitas praktis, mendorong dan menggerakkan
kegiatan-kegiatan yang ada pada komunitas praktis.
3.
Menjadi Coach Guru Lain
Seorang guru penggerak diharapkan
mampu menghantarkan rekan guru lain untuk memberikan layanan prima kepada
peserta didik. Memberikan pendampingan dan pelatihan kepada guru lain untuk
menemukan solusi tentang hambatan-hambatan yang ada ketika melakukan
pembelajaran.
4.
Mendorong Kolaborasi Antar
Guru
Kolaborasi sangat penting
dilakukan untuk bersama-sama mencapai tujuan. Kolaborasi dilakukan untuk
menentukan tujuan bersama, merancang pragram secara bersama-sama, melaksanakan
serta mengevaluasinya. Hal ini dilakukan untuk kemajuan sekolah dan peningkatan
mutu pendidikan di sekolah.
5.
Mewujudkan kepemimpinan
Murid
Perbedaan yang mendasar dari guru pada umumnya dan Guru Penggerak yaitu
besaran dampak yang dibuat. Guru Penggerak diharapkan menjadi teladan dan agen
perubahan di dalam ekosistem pendidikan. Mereka harus mempunyai dampak lain
selain perubahan positif di kelasnya sendiri. Guru Penggerak harus memberikan
dampak kepada peserta didiknya.
Sedangkan nilai Guru Penggerak adalah: Mandiri, Reflektif, Kolaboratif, Inovatif, serta Berpihak pada Murid.
1.
Mandiri
Mandiri berarti seorang Guru Penggerak mampu senantiasa mengembangkan
dirinya serta mendorong dirinya sendiri untuk melakukan aksi serta mengambil
tanggung jawab atas segala hal yang terjadi pada dirinya. Perubahan yang
terjadi harus diikuti secara cepat dan terus menerus. Baik perubahan kebijakan
pendidikan ataupun perubahan budaya dan tehnologi yang terjadi pada saat ini.
2.
Reflektif
Reflektif
berarti seorang Guru Penggerak mampu senantiasa merefleksikan dan memaknai
pengalaman yang terjadi di sekelilingnya, baik yang terjadi pada diri sendiri
serta pihak lain.
3.
Kolaboratif
Kolaboratif berarti seorang Guru Penggerak mampu
senantiasa membangun hubungan kerja yang positif terhadap seluruh pihak
pemangku kepentingan yang berada di lingkungan sekolah ataupun di luar sekolah.
4.
Inovatif
Seorang Guru Penggerak mampu senantiasa
memunculkan gagasan-gagasan baru dan tepat guna terkait situasi tertentu
ataupun permasalahan tertentu. Di tengah perkembangan zaman yang semakin maju,
masalah yang muncul pun juga semakin bervariasi. Untuk bisa mengatasi beragam
masalah tersebut, diperlukan lah jiwa inovatif dari seorang Guru Penggerak.
5.
Berpihak pada Murid
Berpihak pada murid disini berarti seorang Guru Penggerak
selalu bergerak dengan mengutamakan kepentingan perkembangan murid sebagai
acuan utama.
Nilai-nilai dan peran guru
penggerak ssangat terkait dan sesuai dengan pemikiran dari Ki Hajar Dewantara
tentang konsep pendidikannya yaitu merdeka belajar dan menghamba pada peserta
didik (peserta didik sebagai pusat pendidikan). Nilai dan peran guru penggerak
mengandung makna yang sangat dalam. Dengan nilai dan peran yang harus dimiliki
oleh guru penggerak diantaranya kemandirian. Seorang guru dituntut terus
mengembangkan diri baik dari segi pengetahuan maupun keterampilan untuk
memberikan pembelajaran yang membahagiakan bagi peserta didik. Bekerja sama
dengan teman sejawat dan pemangku kebijakan, mengevaluasi setiap kegiatan yang
telah dilaksanakan untuk perbaikan kegiatan selanjutnya serta inovatif dalam
pembelajaran. Dengan tujuan memberikan pembelajaran yang berpusat pada peserta
didik. Apabila hal ini dimiliki oleh setiap guru maka kemungkinan besar tujuan
dari pendidikan nasional Indonesia dapat terwujud tanpa mengorbankan hak-hak
peserta didik untuk berkembang sesuai dengan kodratnya, baik kodrat alam maupun
kodrat zamannya.
Strategi yang dilakukan untuk mencapai nilai dan peran guru penggerak
yaitu diawali dengan niat yang tulus bahwa pembelajaran yang kita berikan
adalah untuk peserta didik dan berpusat pada anak. Niatkan mengajar juga
sebagai ibadah tidak hanya sekedar bekerja dan mencari penghasilan. Setelah itu
terus mengembangkan diri baik secara lahir maupun bathin dengan materi-materi
yang bermanfaat untuk peningkatan proses pembelajaran.
Untuk menguatkan peran dan nilai guru penggerak yang saya lakukan adalah
selalu belajar dan berprinsip bahwa peserta didik adalah sebagi pusat
pembelajaran. mengembangkan diri dengan pelatihan dan sharing dengan teman
untuk memberikan pembelajaran yang bermakna dan membahagiakan bagi peserta
didik. Menjalin kolaborasi dan komunikai dengan teman sejawat dan berdiskusi
untuk mencari solusi bersama tentang kendala-kendala yang terjadi pada saat
proses pembelajaran. Saya akan berusaha menjalin komunikasi yang baik dan dukungan
kepada stakeholder untuk memberikan
layanan pendidikan yang prima kepada peserta didik.
Pihak yang membantu saya adalah yang pertama Kementrian Pendidikan
Republik Indonesia yang telah memfasilitasi saya dan rekan-rekan CGP untuk
belajar tentang makna seorang guru yang sesungguhnya. Dinas Pendidikan
Kabupaten Kebumen juga adalah pihak yang sangat membantu saya dalam memberikan
support dan dukungan yang luar biasa. Selain itu kepala sekolah dan rekan
sejawat juga mendukung dengan sepenuh hati. Dengan semua dukungan itu
menyakinkan saya untuk menjadi seorang guru penggerak yang dapat membawa agen
perubahan di sekolah untuk memberikan layanan yang prima yang berpusat pada
peserta didik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar