Aksi Nyata 3.2.a.10
Achmad
Hufron, S.Pd.Jas, M.Pd
CGP Angkatan 2 Kabupaten Kebumen
SDN 1 Selang
A.
Latar Belakang
Kegiatan program
pendidikan guru penggerak ditujukan untuk melakukan transformasi pendidikan, yaitu
menciptakan pemimpin dalam pembelajaran. Pembelajaran yang dimaksud adalah pembelajaran
yang berpusat pada murid yaitu memenuhi kebutuhan murid .Tujuan utama yang
lainnya adalah bagaimana program ini akan melahirkan pelajar Pancasila yaitu pelajar
yang memiliki karakteristik beriman dan bertakwa kepada Allah SWT dan berahlak
mulia, memiliki kemandirian , kretaif, bernalarkritis, gotong royong dan berkebhinekaan
global.
Pengambilan keputusan juga merupakan langkah penting
untuk menentukan program yang dapat dilaksanakan di sekolah terutama program
yang berdampak pada murid .Karena hakekat dari pemimpin pembelajaran adalah pemimpin
yang berpihak pada murid .Sebelum kita melakukan sebuah program yang berdampak pada
murid maka langkah penting yang harus dilakukan adalah pemetaan aset yang
dimiliki oleh sekolah .Pemetaan aset berpedoman pada prinsip inquiri apresiatif
.Hal ini dilakukan karena seringnya kita membuat program berdasarkan kelemahan atau
permasalahan yang ada sehingga aset atau kekuatan sekolah tidak tergali atau terlupakan. Setelah melakukan
pemetaan asset diharapkan program yang dibuat adalah program yang dapat memberikan
dampak pada murid sehingga akan melahirkan murid yang merdeka. Merdeka dalam arti, merdeka untuk belajar dan
mengembangkan potensinya.
Kepemimpinan merupakan hal yang harus ditumbuhkan
pada diri seorang siswa. Jiwa pemimpin ini harus ditumbuhkan yaitu sejak masih
di sekolah, hal ini dilakukan agar siswa kelak dapat mewarisi kepemimpinan bangsa
bahkan dunia. Masa pembelajaran jarak jauh sekolah merupakan masa yang tepat bagi
siswa untuk dapat mengasah jiwa kepemimpinan. Murid dapat menjadikan lingkungan masayarakat sebagai
sarana praktek penerapan kepemimpinan. Maka akan didapatkan hasil bahwa salah satu
sarana yang dapat dilakukan untuk mengasah jiwa kepemimpinan siswa selama di
rumah adalah dengan membekali murid
melalui kegiatan
pembiasaan di kelas. Selain kepemimpinan, siswa juga diajarkan untuk pembiasaan
karakter positifnya terutama peduli lingkungan hal ini dibiasakan dengan program
“Operasi Semut”.
B.
Deskripsi Aksi Nyata
Kegiatan aksi nyata ini berupa kegiatan pembiasaan kepemimpinan dan kegiatan “Operasi Semut”. Kegiatan ini berupa kuis yang dilakukan sebelum pelajaran dan operasi
semut adalah bersama-sama membersihkan lingkungan secara serentak.
Untukkegiatan kepemimpinan siswa dibiasakan secara bergantian untuk mepmpin dan
dipimpin oleh teman-temannya.
C.
Hasil Aksi Nyata
Aksi nyata modul 3.2.a.10 yaitu kegiatan pembiasaan untuk melatih kepemimpinan dan cinta lingkungan yang berupa pemberian ruang kepada siswa untuk berlatih memimpin teman-temannya dan membiasakan siswa untuk mencintai lingkungan dengan secara rutin menjaga kebersihan lingkungan. hal ini dilakukan sesuai dengan jam olahraga masing-masing kelas setiap paginya. dari hasil tersebut halaman terasa nyaman, bersih dan indah untuk dipandang. Kegiatan ini juga disambut antusias oleh murid dan orang tua. Disamping siswa lebih percaya diri. Juga lingkungan sekolah menjadi lebih bersih.
D.
Pembelajaran Yang
Didapat
1.
Perasaan Saat Melaksanakan
Aksi Nyata
Perasaan yang dirasakan saat merencanakan dan melaksanakan aksi nyata
adalah merasa tertantang karena mengajak
siswa untuk melatih kepemimpinan merupakan hal yang harus menguatkan mental.
Sehingga sebelum pelaksanaan harus dapat menguatkan mental siswa supaya percaya
diri untuk memipin temannya. Selain itu kebiasaan siswa sekarang yang sedikit
manja menjadi tantangan sendiri ketika mengajak mereka untuk membersihkan
lingkungan bersama-sama.
2.
Kendala/Hambatan
Dalam pelaksanaan aksi nyata ini secara umum berkangsung dengan baik
dan mendapatkan hasil sesuai harapan, akan tetapi ada beberapa catatan yang
menjadi bahan perbaikan yaitu :
a.
Ada beberapa
siswa yang tetap tidak mau untuk latihan memimpin
b.
Ada beberapa
siswa yang merasa jijik dengan sampah dan mereka tidak mau ikut membersihkan
lingkungan.
3.
Keberhasilan
Banyak keberhasilan yang
didapatkan dari hasil aksi nyata ini diantaranya adalah:
a.
Meningkatkan kepercayaan diri siswa
b.
Lingkungan menjadi bersih
c.
Siswa menjadi peduli lingkungan
E.
Rencana Perbaikan
Rencana perbaikan yang
dilakukan adalah :
1.
Pembiasaan lebih disosialisasikan kepada warga sekolah
2.
Hasil dokumentasi implementasi program kepemimpinan diupload ke media
sekolah atau media social sebagai sarana sosialisasi
F.
Lampiran Kegiatan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar