PROMES KELAS/ SEMESTER: III/ I
STANDAR KOMPETENSI
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Indikator
|
Alokasi Waktu
|
JULI
|
AGUSTUS
|
SEPTEMBER
|
OKTOBER
|
NOPEMBER
|
DESEMBER
|
||||||||||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||||
1. Mempraktikkan berbagai kombinasi gerak dasar
melalui permainan dan nilai yang
terkandung di dalamnya.
|
1.1 Mempraktikkan kombinasi berbagai pola gerak jalan dan lari dalam permainan sederhana dengan
peraturan yang dimodifikasi serta
aturan dan
kerjasama
|
Pola gerak lokomotor (lanjutan)
|
· Melakukan
berbagai pola gerak lokomotor dengan tepat
· Mengkombinasikan
lari dan jalan
· Mengkombinasikan gerak lari dan
lompat dalam berbagai kecepatan
· Mengkombinasikan gerak lari dan
loncat dalam berbagai kecepatan
· Menjaga keselamatan diri dalam
bermain
|
6 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.1 Mempraktikkan kombinasi berbagai gerak
mengayun, membungkuk dan menekuk dalam permainan sederhana
|
Pola gerak dasar non lokomotor (lanjutan)
|
· Melakukan variasi gerak jalan
sambil membungkuk
· Mengkoordinasikan gerak memutar
lengan dan menekuk lutut
· Mengkoordinasikan gerak
mengayunkan lengan dan meliukkan badan
|
6 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.2 Mempraktikkan kombinasi gerak dasar melempar,
menangkap dan menendang dengan koordinasi yang baik dalam permainan sederhana
serta aturan dan kerjasama
|
Pola gerak dasar
manipulatif (lanjutan)
|
· Melambungkan dan menangkap bola
sambil bergerak secara individu
· Melempar dan menangkap bola
sambil bergerak secara berpasangan
· Menendang bola dengan
koordinasi gerakan yang baik
|
6 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
Mempraktikkan aktivitas kebugaran jasmani secara sederhana
dengan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.
|
2.1 Mempraktikkan berbagai bentuk
latihan untuk meningkatkan kekuatan otot-otot bahu dan dada secara sederhana
|
Latihan kekuatan
|
· Melakukan latihan
kekuatan otot bahu
· Melakukan
latihan kekuatan otot dada
|
4 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.2 Mempraktikkan berbagai bentuk latihan untuk
meningkatkan daya tahan secara sederhana serta nilai disiplin
|
Latihan daya tahan
|
· Melakukan latihan untuk
meningkatkan daya tahan
· Lari dalam waktu tertentu untuk
memperlihatkan perbedaan kecepatan dalam lari (cepat-lambat)
· Mengatur pernafasan dalam lari
|
2 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
Mempraktikkan gerak senam lantai, senam ketangkasan dasar dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.
|
3.1 Mempraktikkan keseimbangan
dalam bentuk senam lantai dasar serta nilai keselamatan, disiplin dan
keberanian
|
ketangkasan tanpa dan dengan alat
|
·
Melakukan gerak lompat-lompat di tempat dan
mengubah arah saat di udara
· Melakukan
gerak kombinasi guling ke depan dan lompat sejauh-jauhnya
|
6 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.2 Mempraktikkan gerak kombinasi senam
ketangkasan dasar serta nilai keselamatan, disiplin dan keberanian
|
ketangkasan tanpa dan dengan alat
|
· Berjalan dengan alat: egrang
tempurung kelapa yang diberi tali
· Lompat tali secara individu dan
berpasangan
· Melompat-lompat ke gelang
simpai rotan/ ban
|
4 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
Mempraktikan gerak dasar melalui aktivitas ritmik dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.
|
4.1 Mempraktikkan gerak dasar mengayun dan
menekuk lutut dalam aktivitas ritmik sederhana tanpa musik serta nilai
percaya diri dan disiplin
|
Pola gerak lokomotor dan non lokomotor SKJ/ SAB
|
·
Mengkombinasikan pola gerak lokomotor dan non
lokomotor dalam gerak berirama (perorangan/ beregu)
|
4 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.2 Mempraktikkan gerak dasar
mengayun dan menekuk lutut dalam aktivitas ritmik sederhana tanpa musik atau
dengan iringan musik sederhana serta nilai percaya diri, disiplin dan
kerjasama
|
Pola gerak lokomotor dan non lokomotor SKJ/ SAB
|
· Mengkombinasikan
pola gerak lokomotor dan non lokomotor dalam gerak berirama (perorangan/
beregu)
|
4 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
Menerapkan budaya hidup sehat
|
5.1 Menjaga kebersihan pakaian
|
Pola hidup sehat
|
· Menyebutkan
cara menjaga kebersihan pakaian
· Memperagakan
cara menjaga kebersihan pakaian
|
2 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.2 Mengenal kebutuhan tidur dan
istirahat
|
Manfaat hidup sehat
|
· Menyebutkan manfaat istirahat
· Menyebutkan akibat kurang
istirahat
· Menyebutkan waktu istirahat
yang tepat/ tidur
|
2 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui Kebumen,................. 2016
Kepala
sekolah Guru
Pejas Orkes
NUR HANI’IN, S.Pd ACHMAD HUFRON
NIP. 19700110 199303 2 006 NIP. 19830826 200604 1 006
Tidak ada komentar:
Posting Komentar