PROGRA KERJA KKG GUGUS KRAMALEKSANA
TAHUN 2017/2018
A. Pendahuluan
Peningkatan mutu pendidikan, khususnya pada jenjang
Sekolah
Dasar telah menjadi komitmen pemerintah yang harus diwujudkan secara
nyata. Salah satu langkah yang ditempuh pemerintah untuk mewujudkan hal tersebut adalah dengan meningkatkan
kualitas sumber daya
guru. Demikian pula dengan adanya perubahan paradigma pendidikan di era globalisasi ini
mengharuskan adanya perubahan pola pikir (mindset) dan pola
tindak (actionset) bagi guru terutama dalam mengimplementasikan dan mengembangkan kurikulum (KTSP) dan Kurikulum 2013 yang berlaku
sekarang. Perubahan pola
pikir
dan
pola tindak bagi guru dalam mengelola kelas
serta melaksanakan proses pembelajaran, guru dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif
dalam meningkatkan mutu layanan pendidikan khususnya layanan proses pembelajaran sesuai dengan
Standar Proses Pendidikan.
Pergeseran paradigma proses pendidikan, yaitu dari paradigma pengajaran ke paradigma pembelajaran. Menuntut kemampuan guru dalam proses pembelajaran
dilaksanakan secara interaktif, inspiratif,
menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa,
kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta
psikologis
peserta didik. (Peraturan Pemerintah nomor 19 tahun 2005 pasal 19 ayat 1).
Dalam rangka meningkatkan profesionalisme guru Departemen Pendidikan melalui Dirjen Dikdasmen
Nomor:
079/C/Kep.I/93, tanggal 7 April
1993
menetapkan
Sistem
Pembinaan Profesional Guru melalui
Pembentukan Gugus Sekolah di Sekolah Dasar.
Keberadaan KKG sebagai wadah atau
forum profesional guru di gugus sekolah,
kecamatan
memegang peranan
penting dan strategis untuk meningkatkan kompetensi guru sehingga guru lebih profesional. Melalui aktifitas guru dalam KKG diharapkan permasalahan pembelajaran
yang
dihadapi guru di kelas dapat terpecahkan
sehingga proses pembelajaran
lebih efektif, bermutu, dan dapat meningkatkan mutu pendidikan nasional. Berbagai upaya telah dilaksanakan oleh pemerintah antara
lain dalam rangka peningkatan mutu dan profesionalisme
guru yang muaranya adalah
peningkatan
mutu pembelajaran
di kelas,
upaya
tersebut
antara lain ikut serta dalam
pendidikan
dan pelatihan. Namun pada kenyataannya implementasi di lapangan belum sepenuhnya
dilaksanakan
dengan sebaik-baiknya,
indikasinya antara
lain masih banyaknya
guru
yang belum mengaplikasikan
ilmu
yang diperolehnya, bahkan lebih parah lagi masih ada guru yang tidak faham tentang
bagaimana cara pengaplikasian ilmu yang
diperolehnya dari pendidikan
dan
latihan yang diikutinya.
Berdasarkan kenyataan-kenyataan tersebut, maka KKG Gugus Kramaleksana
sebagai wadah
para guru
untuk
meningkatkan profesionalismenya dalam
rangka peningkatan mutu pendidikan,
berupaya untuk mencanangkan
berbagai
program
kegiatan
KKG.
Program kegiatan tersebut diimplementasikan untuk menjawab tantangan berbagai permasalahan pembelajaran
yang dialami oleh para guru serta dalam
rangka meningkatkan kompetensi para
guru.
B. VISI
Maju bersama menuju
tenaga pendidik dan kependidikan yang profesional, sebagai personel yang
cerdas, sehat, sejahtera, dan berakhlakul karimah.
C. VISI
1. Meningkatkan
kompetensi
profesional
guru
yang memiliki pengetahuan
yang
luas dari bidang studi yang diajarkannya, memilih dan menggunakan berbagai metode di
dalam proses belajar mengajar yang
diselenggarakannya secara tepat.
2. Meningkatkan
kompetensi kemasyarakatan
guru
yang mampu berkomunikasi,
baik dengan
siswa, sesama guru,
maupun masyarakat luas.
3. Meningkatkan
kompetensi
personal guru yang memiliki kepribadian
yang
mantap dan patut diteladani.
D. Tujuan
1. Memperluas wawasan
dan pengetahuan guru dalam
berbagai kompetensi
khususnya
kompetensi Profesi,
Akademik,
Sosial dan
Personal
melalui
kegiatan
pengembangan profesionalisme
guru di tingkat KKG.
2. Memberi kesempatan seluas luasnya kepada
anggota untuk
berbagi pengalaman
serta saling memberikan
bantuan dan
umpan balik.
3. Memberdayakan dan membantu anggota kelompok kerja dalam melaksanakan
tugas-tugas pembelajaran
di sekolah.
4. Membantu guru memecahkan/mendiskusikan
permasalahan
yang
diperoleh guru di
lapangan pada saat melaksanakan
tugas
se
5. hari-hari.
6. Meningkatkan
mutu, proses pendidikan dan pembelajaran yang
tercermin
dari peningkatan hasil
belajar peserta didik.
7. Mengembangkan
kultur kelas yang kondusif
sebagai
tempat proses pembelajaran
yang menyenangkan,
mengasyikkan
dan mencerdaskan siswa.
E. Profil Gugus
Kramaleksana
1. Data
Anggota
No.
|
Nama
Sekolah
|
Jumlah
Guru
|
Jumlah
Siswa
|
Jarak ke Lokasi KKG
dari Setiap SD
|
Ket.
|
1
|
SDN 1 Selang
|
16
orang
|
212 orang
|
0 km
|
SD Inti
|
2
|
SDN 3 Selang
|
12 orang
|
105 orang
|
1 km
|
|
3
|
SDN 1 Kalirejo
|
11
orang
|
73 orang
|
1 km
|
|
4
|
SDN 2
Kalirejo
|
11
orang
|
185 orang
|
1 km
|
|
5
|
SDN 3 Kalirejo
|
11
orang
|
128 orang
|
1 km
|
|
Jumlah
|
61 orang
|
703 orang
|
|
|
2. Data Kegiatan
Bentuk Kegiatan
|
KKG
|
Waktu
Kegiatan
|
Tempat
Kegiatan
|
Sasaran Kegiatan
|
Pertemuan KKG Kelas Rendah
|
Kelas I
|
Minggu ke-2
& ke-4
|
Ruang A
|
1.
Peningkatan kemampuan akademik.
2. Peningkatan kemampuan manajerial.
|
Kelas II
|
||||
Kelas III
|
||||
Pertemuan KKG Kelas Tinggi
|
Kelas IV
|
Minggu ke-2
& ke-4
|
Ruang B
|
|
Kelas V
|
||||
Kelas VI
|
3. Data Pengurus
No.
|
Nama
|
Jabatan Pengurus
|
Jabatan Dinas
|
1
|
Anjar Mugiyono, S.Pd
|
Ketua KKG
|
KS SDN 2 Kalirejo
|
2
|
Slamet Suyono, A.Ma
|
Wakil
Ketua KKG
|
Guru
SDN 3 Selang
|
3
|
Achmad Hufron, S.Pd.Jas
|
Sekretaris
|
Guru
SDN 1 Selang
|
4
|
Hartoto, S.Pd
|
Bendahara
|
KS SDN 3 Kalirejo
|
5
|
Tuti Aryaningsih, S.Pd
|
Koordinator Kelas Atas
|
Guru SDN 1 Kalirejo
|
6
|
Eni Rudiyati, S.Pd.SD
|
Koordinator Kelas Bawah
|
Guru SDN 3 Kalirejo
|
5
|
Juwariyah, S.Ag
|
Pemandu PAI
|
Guru
SDN 1 Selang
|
6
|
Hidayati, S.Pd
|
Pemandu PKn
|
Guru
SDN 1 Selang
|
7
|
Sukimah, S.Pd
|
Pemandu B. Indonesia
|
Guru
SDN 3 Selang
|
8
|
Rubaingah, S.Pd.SD
|
Pemandu Matematika
|
Guru
SDN 2 Kalirejo
|
9
|
Yustiningsih, S.Pd.SD
|
Pemandu IPA
|
Guru
SDN 3 Kalirejo
|
10
|
Endang Dwi A, S.Pd
|
Pemandu IPS
|
Guru
SDN Kalirejo
|
11
|
Muryani, S.Pd
|
Pemandu SBK
|
Guru
SDN 1 Selang
|
12
|
Musringah, S.Pd
|
Pemandu PJOK
|
Guru
SDN 1 Kalirejo
|
F. Program Jangka Panjang
(5
Tahun)
1. Program Rutin
a. Diskusi
permasalahan
pembelajaran.
b. Penyusunan
pemetaan tema standar kompetensi dan
kompetensi dasar.
c. Penyusunan
silabus.
d. Penyusunan
program
tahunan.
e. Penyusunan program
semester.
f. Penyusunan Kriteria Ketuntasan Minimal
(KKM).
g. Pembuatan alat
peraga.
h. Penyusunan RPP.
i. Penyusunan rubrik
penilaian.
j. Membahas berbagai
metode pembelajaran.
k. Penyusunan
instrumen evaluasi
pembelajaran.
l. Pendampingan pelaksanaan
pembelajaran di kelas.
m. Penyusunan
kisi-kisi soal semester.
n. Penyusunan
soal-soal
try out Ujian Sekolah
o. Pembahasan
materi
dan pemantapan menghadapi Ujian Nasional.
p. Mengadakan studi banding
ke
sekolah-sekolah yang berprestasi.
2.
Program
Pengembangan
a. Pelatihan tentang Penelitian
Tindakan Kelas (PTK).
b. Pelatihan penulisan karya tulis ilmiah.
c. Seminar (paparan hasil penelitian), dan
diskusi panel.
d. Peer coaching (Pelatihan bersama
guru menggunakan
media ICT)
e. Lesson study (Kerjasama antar
guru untuk memecahkan masalah pembelajaran)
3. Program Insidentil
(Disesuaikan
dengan agenda dan kebutuhan yang ada)
G. Program Jangka Pendek (1 Tahun)
1.
Program
Rutin
a. Diskusi
permasalahan pembelajaran.
b. Penyusunan pemetaan tema
standar kompetensi dan
kompetensi dasar.
c. Penyusunan
silabus.
d. Penyusunan program tahunan.
e. Penyusunan program semester.
f. Penyusunan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).
g. Penyusunan rencana pelaksanaan
pembelajaran.
h. Penyusunan rubrik penilaian.
i. Membahas berbagai
metode pembelajaran.
j. Penyusunan
instrumen evaluasi
pembelajaran.
k. Pendampingan pelaksanaan
pembelajaran di kelas.
l. Penyusunan
kisi-kisi dan naskah soal Ulangan Tengah Semester (UTS).
m. Penyusunan
kisi-kisi soal Ulangan Akhir Semester (UAS).
n. Penyusunan
soal-soal
try out US/M.
o. Pembahasan
materi
dan pemantapan menghadapi US/M.
2.
Program
Pengembangan
a. Pelatihan penetapan
perhitungan angka kredit.
b. Peer coaching (Pelatihan bersama
guru menggunakan
media ICT).
c. Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
d. Penulisan
Karya Tulis Ilmiah.
e. Seminar, lokakarya, koloqium (paparan hasil penelitian), dan diskusi
panel.
3.
Program
Insidentil
(Disesuaikan dengan agenda dan kebutuhan yang ada)
1. Program Rutin Semester II Tahun Pelajaran 2017/2018
No.
|
Jenis Kegiatan
|
Tujuan
|
Sasaran
|
Produk
|
Waktu
|
1.
|
Pertemuan Rutin
|
Reorganisasi Pengurus KKG
|
Anggota
|
Terbentuknya Pengurus Baru
|
Januari
|
2.
|
Pertemuan Rutin Guru Pemandu
|
Analisis Buku Guru dan Buku Siswa
|
Guru Kelas dan Mapel
|
Analisis Materi, KD, Indikator,
Tujuan Pembelajaran
|
Januari
|
3.
|
Pertemuan Rutin Guru Pemandu
|
Diskusi Permasalahan Pembelajaran
|
Guru Kelas dan Mapel
|
RPP, Rubrik Penilaian, Media,
Metode, dll
|
Februari
|
4.
|
Pertemuan Rutin Guru Pemandu
|
Pelatihan Penggunaan Media
Pembelajaran.
|
Guru Kelas dan Mapel
|
Terampil Menggunakan Media
Pembelajaran
|
Februari
|
5.
|
Pertemuan Rutin Guru Pemandu
|
Pendampingan Pelaksanaan
Pembelajaran di Kelas/Lesson Study
|
Guru Kelas dan Mapel
|
Trampil proses KBM
|
Maret
|
6.
|
Pertemuan Rutin Guru Pemandu
|
Penyusunan Kisi-kisi Soal, Soal,
Editing Soal Tengah Semester
|
Guru Kelas dan Mapel
|
Kisi-kisi, Bank Soal, Kunci
Jawaban
|
Maret
|
7.
|
Pertemuan Rutin Guru Pemandu
|
Penyusunan Soal-soal Tryout Ujian
Nasional
|
Guru Kelas dan Mapel
|
Bank Soal Tryout UN dan Kunci
Jawaban
|
April
|
8.
|
Pertemuan Rutin Guru Pemandu
|
Pembahasan Materi dan Pemantapan
Menghadapi Ujian Nasional dan Ulangan Akhir Semester
|
Guru Kelas dan Mapel
|
Trik menjawab soal, rangkuman
materi dll
|
April
|
NB. Materi
yang dibahas dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan situasi dan kondisi
2.
Program Pengembangan Semester II
No.
|
Jenis Kegiatan
|
Tujuan
|
Sasaran
|
Produk
|
1.
|
Pertemuan Insidentil KKG
|
Pelatihan Guru Pembina O2SN
|
Anggota
|
Guru menguasai teknik dan trik
pembinaan O2SN
|
2.
|
Pertemuan Insidentil KKG
|
Sosialisasi Implementasi Hasil
Workshop/Diklat Guru
|
Anggota
|
Menambah wawasan keilmuwan guru
melalui materi terbaru
|
3.
|
Pertemuan Insidentil KKG
|
Mengadakan pertukaran Guru PAI
pada PHBI
|
Anggota
|
Silaturahim dan ukuwah islamiyah
(syiar Islam)
|
4.
|
Pertemuan Insidentil KKG
|
Mengadakan membaca surat yasin
setiap bulan sekali di seluruh sekolah
|
Anggota
|
Syiar Islam dan Keimanan guru dan
siswa meningkat
|
5.
|
Pertemuan Insidentil KKG
|
Study Banding ke sekolah unggulan
|
Anggota
|
Tukar pengalam dan sharing
keilmuwan
|
6.
|
Pertemuan Insidentil KKG
|
Pertandingan Olahraga Persahabatan
|
Guru dan siswa
|
Silaturahim dan peningkatan
prestasi Olahraga
|
H. Penutup
Demikian
Program
Kerja KKG
Gugus
Kramaleksana Tahun Kegiatan 2017/2018. Dibuat
untuk dapat dijadikan
bahan acuan bagi
segenap
aktifitas
kegiatan
dalam rangka mencapai
Peningkatan
Mutu Guru Profesional.
Ketua,
Anjar Mugiyono, S.Pd
NIP. 196308221985081001
|
Ditetapkan di :
Kebumen
Pada Tanggal :
.... Januari 2018
Sekretaris
Achmad Hufron, S.Pd.Jas
NIP.198308262006041006
|
Mengetahui,
|
|
Ketua
Gugus Kramaleksana
Tri
Astuti, S.Pd
NIP.
196306081984052006
|
Pengawas
TK/SD Dabin
Dra.
Hj. Lestariningsih, M.M.Pd
NIP.
196403201983042001
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar